Thursday, November 15, 2007

Perumusan Sasaran Pelatihan

4 komponen Tujuan intruksional/sasaran  terdiri dari rumus ABCD, yang bila dijabarkan menjadi:
A = Audience
peserta yang harus mengerjakan perbuatan yang dinyatakandalam tujuan
B = Behaviour
Perilaku yang diharapkan dapat dilakukan oleh peserta setelah mereka mengikuti pelatihan
C = Condition
Syarat yang harus dipenuhi pada saat perilaku dilakukan peserta pada saat dievaluasi
D = Degree
tingkat keberhasilan yang harus dicapai peserta
 
Tujuan Instruksional mempunyai 3 kawasan belajar, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik
 
1. Kognitif
mengutamakan ingatan dan mengungkapan kembali sesuatu yang telah dipelajari, menggabungkan ide, memcahkan persoalan.
Tujuan Intruksional yang berdomain kognitif berhubungan dengan apa yang harus diketahui, dimengerti, atau diinterpretasikan oleh peserta
 
2. Afektif
mengutamakan perasaan , emosi atau sikap. Tujuan instruksional yang berdomain ini berhbuungan dengan cara-cara bagaimana orang harus merasakan sesuatu (contoh: mengapresiasikan musik)
 
3. Psikomotorik
mengutamakan keterampilan otot atau gerak. Cara-cara mendemonstrasikan sesuatu.
 
Klasifikasi Taxonomi Bloom:
Kognitif:
- pengetahuan
- pemahaman
- penerapan
- analisis
- evaluasi
 
Afektif
- penerimaan
- pemberian respon
- penilaian (values)
- pengorganisasian
- pelukisan watak (motivasi, harapan)
 
Psikomotorik
- gerakan anggota badan
- mimik
- perilaku bicara
 
Dalam merumuskan sasaran atau tujuan instruksional harus berdasarkan pada analisis kebutuhan pelatihan. disamping itu perumusan sasaran harus mempertimbangkan cara evaluasinya.
Misal: setelah pelatihan, peserta dapat mengetik dengan kecepatan minimal 200 kata per menit dengan mempergunakan mesin ketik Canon.
 
Pada kasus diatas, mudah sekali mengukur kemampuan mengetik. Yang harus juga dipertimbangkan adalah hubungan antara perumusan sasaran dan evaluasi. Evaluasi merupakan suatu alat yang mendeteksi keefektifan suatu pelatihan. Tanpa evaluasi akan sulit menilai keberhasilan suatu pelatihan. Selain itu, metode dan pemilihan metode merupakan elemen yang berhubungan erat dengan evaluasi, sasaran dan kebutuhan.

No comments: